HP Compaq CQ40-108TU mati

Kejadian aneh dengan laptop HP Compaq CQ40-108TU, ketika dinyalakan langsung mati secara tiba2 sebelum sempat booting, setelah dicoba dipencet tombol powernya berulang-ulang akhirnya bisa masuk Windows, namun tiba2 langsung minta shutdown, setelah itu kejadian berulang kembali, laptop tidak bisa sampai booting, mati2 lagi.

Kejadian awalnya ketika bulan Desember 2008 lalu saudaraku membeli laptop HP Compaq CQ40-108TU,  laptop tsb didesain memang untuk Windows Vista, namun berhubung tidak bisa menggunakan Vista, ahkirnya harus diakali supaya laptop tsb bisa diinstall Windows XP. Windows XP berhasil diinstall dengan menggunakan CD Windows XP yang embed sata, setelah itu install driver2 yang khusus untuk XP, namun tidak semua driver berhasil diinstall, ada satu driver yang gagal diinstall yaitu driver sound, setelah nanya2 Om Google, ternyata ada satu langkah lagi yang harus ditempuh, yaitu Bios di Laptop HP Compaq CQ40-108TU harus didowngrade terlebih dahulu, standardnya, laptop HP Compaq CQ40-108TU menggunakan bios dengan versi F.12, akhirnya Bios didowngrade menjadi versi F.11c, dan setelah proses downgrade selesai, saya coba install lagi driver soundnya, dan akhirnya.. ta daa… soundnya berhasil muncul. Laptop HP Compaq CQ40-108TU berhasil diinstall Windows XP secara normal dan bisa digunakan sampai setengah tahun.

Setelah bernafas lega selama setengah tahun tiba2 ada permasalahan muncul, laptop yang tadinya lancar dan normal tiba2 shutdown sendiri seperti terinfeksi virus, setelah dicoba dinyalakan lagi tidak bisa, sebelum sempat booting laptop langsung mati, dan selalau ketika mencoba menyalakan laptop selalu mati sebelum sempat booting Windows, akhirnya setelah dicoba berkali-kali menyalakan laptop berhasil masuk Windows dan setelah dicek tidak ada virus sama sekali, setelah itu laptop direstart kembali dan terjadi kembali kejadian laptop mati mendadak sebelum sempat booting. Hohoho, lieurrr, pantang menyerah, coba nyalakan laptop berulang kali akhirnya berhasil masuk Windows lagi, langsung inisiatif mencoba mengganti BIOS dan Windowsnya, laptop coba dikembalikan lagi BIOSnya dan Windowsnya coba diinstall ke Windows Vista, alhamdulillah berhasil, akhirnya laptop kembali seperti sedia kala menjadi normal.

Namun belum sempat bernafas lega, laptop kembali bermasalah, laptop selalu mati mendadak ketika belum sempat booting Windows, coba untuk mengecek hardwarenya namun karena segel masih menempel, ngga berani untuk mengecek lebih dalam, hanya mencoba mengganti RAM, kabel power dan Batery, namun masih sama, problem belum terpecahkan… setelah 2 hari berkutat dengan laptop HP Compaq CQ40-108TU akhirnya menyerah juga, laptop dibawa ke Toko Komputer waktu awal membeli, dan nanti tinggal menunggu kabar berikutnya.

Dengan kaitkata ,

4 thoughts on “HP Compaq CQ40-108TU mati

  1. jioe mengatakan:

    wah bermaslah gitu yah?gue baru beli compaq CQ40-420TX,rencana mau instal xp juga jd ngeri baca2 pengalaman kamu…….kalo instal window 7 udah cba mas?

  2. gamulz mengatakan:

    install Windows 7 udah tak coba, cuman nginstallnya setelah laptop sering trouble, dan akhirnya mati, hihihi

  3. Blangkon mengatakan:

    Saya punya compaq v3802au,,baru 1,5 tahun padahal,,itupun jarang saya pakai,,sebelum booting langsung mati,,motherboard kayaknya,,di sebuah forum pun sering dibahas masalah laptop jenis ini,yang bermasalah seperti anda dan saya,,punya saya aja langsung saya banting n saya siram air,,saya kecewa sama compaq.

    • gamulz mengatakan:

      Hwehehe, mantabz… tadinya dikirim ke saya dulu tuh laptopnya, sayang kalo disiram….

      Ohh, saya baru tau kalo laptop jenis ini memang sering trouble…. thanks infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: