Bikin warnet ???

Assalamualaikum warohmatulloh wabarokatuh

Akhirnya pertanyaan saya terjawab sudah, dari dulu saya pengen bikin warnet, tapi mo gimana lagih, modal materinya lom dikasih ma Allah🙂

berikut kutipan yang saya baca dari http://www.eramuslim.com

Assalamu’alaikum wr. wb.

Salam kenal dari saya untuk sahabat semua di manapun berada.
Pak Zaenal, saya seorang karyawan dengan gaji Rp1 jt/bulan.
Dulu sebelum jadi karyawan saya pernah mengelola warnet dan berpenghasilan di atas Rp3 jt/bulan.

Memang warnet itu punya orang lain saya cuma bekerja dan service-service komputer pelanggan yang suka main ke warnet.

Yang ingin saya tanyakan, saya ingin melanjutkan kembalibisnis warnet. Dan alhamdulillah untuk pengalaman sudah ada,
tapi saya bingung untuk mencari modal usaha.

Berkali-kali saya buat proposal dan saya ajukan kepada teman-teman yang potensial dan financial. Awalnya mereka tertarik, tapi setelah melihat jumlah total biaya modal, sekitar+ Rp80 juta, tapi brutto sekitar+ 20 juta/bulan, mereka menjadi mundur karena melihat modal yang terlalu besar.

Rata-rata mereka batal karena banyak masukan dari teman dan saudara mereka yang mengatakan bahwa banyak bisnis lain yang modalnya tidak terlalu besar.

Mohon sarannya pak, apa dan bagaimana yang harus saya lakukan untuk mencari modal usaha tersebut? Mengingat kebutuhan saya yang sekarang belum seimbang dengan pengeluaran rutin perbulan.

Terima kasih banyak atas perhatian dan masukkannya.

wassalam

Amrullah
cipaku81 at eramuslim.com

Jawaban

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.

Bung Amrullah. Saya punya pengalaman menarik. Beberapa waktu lalu, dua hari setelah pesawat Adam Air hilang dari pantauan radar, saya berangkat dari Jakarta ke Makassar. Dalam penerbangan normal, waktu tempuh Jakarta – Makassar hanya 2 jam 15 menit. Setelah dua jam terbang, seharusnya 15 menit lagi kami sudah mendarat di Bandara Hasanuddin Makassar.

Sayangnya, cuaca memburuk. 40 menit pesawat yang kami tumpangi berputar-putar di atas kota Makassar, menunggu isyarat atau izin landing. Cuaca buruk membuat pesawat seperti mobil berjalan di atas jalan berbatu yang tidak rata. Muka para penumpang mulai pucat, takut terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Beberapa saat kemudian, diumumkan bahwa bandara Hasanuddin ditutup untuk pendaratan maupun keberangkatan pesawat, dan pilot memutuskan untuk mendarat di….. Balik Papan.

Satu jam kemudian, kamipun mendarat di Sepinggan Balik Papan. Setelah menunggu 2 jam, akhirnya pesawat bergerak kembali dan bisa mendarat mulus di bandara hasanuddin Makassar.

Bung Amrullah, tujuan anda, mendirikan warnet. Menawarkan peluang usaha kepada banyak orang untuk membantu dalam hal permodalan, sudah anda lakukan. Sampai saat ini, belum berhasil. Pilihan ada pada anda, meneruskan untuk mencari bantuan modal dari orang lain, atau anda mencarinya sendiri.

Dalam pengalaman saya di atas, anda bisa memilih terus mendarat dengan resiko pesawat jatuh, atau anda memilih jalan yang agak memutar untuk mendapatkan keselamatan.

Biasanya, manusia selalu memilih jalan pintas. Memilih jalur tercepat. Dan menurut anda, jalan tercepat adalah mencari bantuan orang lain yang sudah punya dana sebesar Rp 80 juta. Itu lebih mudah daripada anda mencarinya sendiri.

Sebenarnya ada pilihan lain. Anda berusaha mencarinya sendiri. Misalnya, bekerjalah di sebuah warnet, sekalipun anda menerima gaji kurang dari yang sudah anda terima sekarang. Selanjutnya, bekerjalah dengan baik, seolah warnet itu milik anda sendiri. Jalin hubungan yang baik, dengan pemilik usaha maupun para pelanggan.

Saya yakin, kalau anda bekerja dengan baik, anda akan menemukan jalan anda. Jalan yang membawa anda pada keberhasilan anda mencapai cita-cita anda. Anda boleh memilih jalan memutar, yang penting, tujuan anda bisa tercapai.

Demikian jawaban yang bisa saya berikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Selamat berwirausaha. Semoga Allah mengabulkan keinginan anda.

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.
Zainal Abidin

Tinggalkan Balasan

